Selasa, 20 Maret 2012

Latihan Soal Sistem Multimedia :


1.    Merupakan ciri-ciri dari Download :
• Download dan simpan file dalam HD sehingga dapat dinikmati pada saat offline.
•  File dapat dengan mudah dicopy
• Tidak bisa real-time
• waktu download lama baru file bisa dimainkan
• Rawan pembajakan (piracy) tidak ada copyright protection


2.    Merupakan ciri-ciri dari Streaming :
- Click langsung segera dimainkan
- Mendukung live broadcast (karena real time)
- Mendukung User Control pada saat steaming (seperti memutar tape atau VCR) / User Interactivity
- Mendukung Copyright protection
- Hanya dapat dilihat pada saat online
- File dihapus setelah dimainkan (tidak dapat dimainkan kembali secara offline)

3.    Merupakan ciri-ciri dari Progressive Download :
•    Hybrid Technology
•    Memungkinkan file untuk dilihat selama proses download
•    Menggunakan teknologi buffer
•    Buffer adalah temporary area didalam memory komputer untuk menyimpan data
•    Digunakan jika file pendek, dan broadcaster ingin mengirim file dengan kualitas lebih tinggi dari streaming media (movie trailers)
•    Jika mau menunggu lebih lama untuk High Qlty
•    Not True Streaming (user limited control)
•    Tidak untk Broadcast (radio station, dll)

4.    Merupakan ciri-ciri dari on-demand files :
•    File media ditaruh diserver
•    Dapat dimainkan kapan saja
•    Banyak orang secara bersamaan dapat memainkan file yang sama (distance learning) tapi biasanya tidak.
•    Lebih rendah pemakaian bandwithnya daripada live broadcast.

5.    Merupakan ciri-ciri live broadcasting :
•    Merekam peristiwa saat itu juga, kemudian meng-encode filenya
•    Mengirimkan stream file tersebut ke server
•    Server akan mem-broadcast stream ke penonton / user
•    Membutuhkan lebih banyak bandwith daripada on-demand file, karena orang pasti menonton secara bersamaan
•    Juga membutuhkan multiple streaming server sehingga beban kerjanya bisa didistribusikan ke beberapa komputer
•    Distribusi komputer juga mengurangi kemungkinan server crash akibat terlalu banyak user yang mengakses server
•    Juga membutuhkan backup server
•    Kerusakan / crash tidak bisa ditoleransi, karena tidak ada kesempatan kedua (real-time)

6.    Basic streaming media system terdiri dari :
•    Men-setting streaming media component hanya merupakan langkah awal untuk menuju complete streaming media system
•    Anda juga harus membuat streaming media content, menaruhnya di server, dan menawarkan link untuk pengguna, prosesnya dibagi menjadi beberapa tahap yaitu:
- Creation : Membuat audio/video content yang akan di stream
- Encoding : Mengkonversi raw file menjadi format yang dapat di stream
- Authoring : Mendesign bagaimana anda akan menyajikan media
- Serving : Meletakan files pada server dan mempublish-nya di Internet

7.    Proses untuk streaming media process adalah :
•    Men-setting streaming media component hanya merupakan langkah awal untuk menuju complete streaming media system
•    Anda juga harus membuat streaming media content, menaruhnya di server, dan menawarkan link untuk pengguna, prosesnya dibagi menjadi beberapa tahap yaitu:
- Creation : Membuat audio/video content yang akan di stream
- Encoding : Mengkonversi raw file menjadi format yang dapat di stream
- Authoring : Mendesign bagaimana anda akan menyajikan media
- Serving : Meletakan files pada server dan mempublish-nya di Internet

8.    Tahapan Materi Model Simulasi adalah :
•    PENGENALAN
•    PENYAJIAN INFORMASI (SIMULASI 1, SIMULASI 2, DST)
•    PERTANYAAN DAN RESPON JAWABAN
•    PENILAIAN RESPON
•    PEMBERIAN FEEDBACK TENTANG RESPON
•    PENGULANGAN
•    SEGMEN PENGATURAN PEMBELAJARAN
•    PENUTUP

9.    Komponen-komponen MIDI Device
• Sound generator : pembangkit suara synthesizer.
• Microprocessor : mengirim / menerima MIDI message.
• Keyboard : mengontrol synthesizer secara langsung.
• Control Panel : mengatur fungsi-fungsi selain nada dan durasi (volume, jenis suara, dll).
• Auxiliary Controllers : memanipulasi nada (modulation, pitch, dll).
• Memory

10.    Interface MIDI terdiri dari :
•    Perangkat Keras :Hardware yang terhubung ke peralatan (alat instrument/computer)
•    Data format Pengkodean informasi

11.    Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat ber-navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.

12.    Menurut riset computer technology research (CTR) Manusia mampu
mengingat 30% dari yang dia lihat, didengar dan dilakukan

13.    Kemampuan multimedia dalam memudahkan aktivitas manusia diantaranya mengubah cara belajar, sekolah mulai menggunakan computer multimedia, contoh : Belajar on-line, e-learning dengan menggunakan e-book.

14.    Multimedia komunikasi dapat diartikan penggunaan media untuk kegiatan komunikasi baik dalam bentuk audio, teks dan atau audio visual, contoh : kegiatan chatting, sms, teleconference, video conference.

15.    Sebuah system dapat dikatakan system multimedia jika ada kombinasi multimedia, independence dan computer support system. Apa yang dimaksud independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut.  Sistem  disebut  sistem  multimedia jika  tingkat ketergantungan/ keterkaitan antar media tersebut rendah.

16.    Contoh aplikasi animasi dan modeling 3D, misalnya : 3D studiomaks, blender, maya, Softimage, Lighware dll.

17.    Multimedia yang pengguna akhir/user dapat mengontrol apa dan dalam hal apa urutan elemen multimedia dikirimkan adalah : Multimedia Interaktif

18.    Struktur multimedia di mana pengguna menavigasi secara bebas ke dalam isi suatu proyek tidak dibatasi oleh rute yang ditentukan adalah Multimedia Nonlinier

19.    Sebuah struktur multimedia di mana pengguna bernavigasi sesuai urutan dari suatu frame/bite informasi ke yang lainnya adalah Multimedia Linier

20.    teks adalah data dalam bentuk karakter.

21.    Rich Teks Format adalah :  Serangkaian karakter format yang telah didefinisikan. Contoh rich text adalah pada saat kita mengetik dengan menggunakan Wordpad (.rtf).

22.    HTML adalah : Merupakan standard bahasa yang digunakan untuk
menampilkan document web.
23.    gambar Merupakan suatu representasi spatial dari suatu obyek,
dalam pandangan 2D atau 3D

24.    grafik adalah sebuah ilustrasi yang jelas dan tegas dalam
mempresentasikan informasi yang dapat dilihat melalui suatu permukaan
disebuah dinding, canvas, layar komputer, kertas,

25.    Format gambar yang sering digunakan di Internet adalah : .JPEG,.JPG, .GIF, .PNG

26.    audio adalah suara yang berada pada range pendengaran manusia

27.    noise. adalah Suara diluar range pendengaran manusia/ (getaran yang tidak teratur tidak berurutan dalam berbagai frekuensi, tidak dapat didengar  manusia).

28.    Format Audio yang sering digunakan di Internet adalah : mp3

29.    Storyboard deskripsi visual (sketsa) dan tekstual yang
menggambarkan bagaimana suatu multimedia disusun, dapat berbentuk
gambar yang sangat detail, tapi bisa juga berbentuk sketsa sederhana.

30.    Format foto terdiri dari format bitmap dan vektor

31.    Elemen interaktif pada storyboard dapat direpresentasikan dalam
bentuk tekstual atau diagram air (flowchart)

32.    COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI), adalah Pembelajaran dengan bantuan komputer, komputer hanya sebagai alat bantu saja.

33.    Model pembelajaran Interaktif berbasis komputer (CBI) yang
bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui
penyediaan latihan-latihan soal, disebut sebagai Model : model drill

34.    model simulasi merupakan salah satu model CBI yang bertujuan
memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptaan
simulasi-simulasi simbol visual.

35.    Model pembelajaran berbasis komputer dengan menggunakan format
permainan disebut sebagai : model instructional games

36.    Tahap pengembangan multimedia dibagi menjadi enam tahapan yaitu :
- Tahap 1 ( Konsep )
- Tahap 2 ( Desain )
- Tahap 3 ( Pengumpulan Material )
- Tahap 4 ( Pembuatan )
- Tahap 5 ( Testing )
- Tahap 6 ( Distribusi )

37.    Pembuatan storyboard dan struktur navigasi ada pada tahap : Tahap 2 ( Disain )

38.    Salah satu kelebihan streaming adalah dapat menggunakannya untuk
live broadcast atau archived files yang bisa dilihat secara on-demand
(atas permintaan)

39.    Streaming multimedia adalah suatu teknologi yang mampu mengirimkan
file audio dan video digital secara on-demand maupun real time pada jaringan Internet

40.    Progressive download adalah : istilah yang digunakan untuk
menggambarkan transfer media digital file dari Server ke klien ,
biasanya menggunakan HTTP protokol bila dimulai dari komputer.

41.    Public Relation Tool dapat berupa : website, news, speeches,
special event, written materials, audiovisual materials, corporate
identity materials, public service activities

42.    Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang
memiliki minimal storage seperti harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW
adalah disebut sebagai sistem multimedia : Sistem multimedia standalone

43.    Aplikasi multimedia dalam Bisnis meliputi:
•    Presentasi , company profile
•    Pemasaran (Telemarketing)
•    Periklanan
•    Demo produk
•    Katalog dll

44.    Aplikasi multimedia dalam Pendidikan meliputi:
•    Tutorial
•    Simulasi dan pelatihan
•    E-Learning dll

45.    Aplikasi multimedia dalam Hiburan meliputi:
•    Games; virtual game, virtual driving
•    Film : animasi
•    Olah raga dan hobi
•    Video-on-demand (VOD) : Pengguna bebas mengakses data multimedia
yang tersedia pada media server (dokumen berita, entertaintment, film,
musik, dll)

46.    Teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi
terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu
membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai
seolah-olah terlibat secara fisik disebut sebagai : virtual reality

47.    Penyisipan informasi yang menyatakan kepemilikan data multimedia
adalah : Digital Watermarking

48.    Watermark dapat berupa: teks, logo, audio, data biner (+1/-1),
barisan bilangan riil

49.    Software yang digunakan untuk melihat atau mendengar streaming
media adalah : Player

50.    Vendor yang menyediakan Software yang dapat berkomunikasi dengan
Streaming Media server, dan dapat memainkan file Streaming Media
adalah Player

Tidak ada komentar:

Posting Komentar